widgeo.net

TIPS BERBAHASA INGGRIS YANG EFEKTIF

Label:

1. Menggunakan teknik mendengarkan dan menjawab cerita
Teknik ini bukanlah teknik mendengarkan dan kemudian mengulangi cerita tersebut seperti banyak di praktikkan saat ini. Metode atau teknik ini cenderung mendorong orang untuk segera menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh guru atau ahli bahasa kepada muridnya. Menceritakan kembali tentang apa yang didengar dari kaset memang cukup bagus tetapi lebih baik lagi jika orang yang belajar bahasa Inggris diberikan beberapa pertanyaan mudah dan singkat secara cepat berdasarkan rekaman cerita singkat. Hal ini merangsang kemampuan berbicara murid secara cepat dan otomatis tanpa memikirkan penggunaan grammar.
2. Jangan terlalu fokus dengan grammar
Bahasa Inggris memang tidak bisa dilepaskan dari grammar. Maka dari itu banyak yang menganggap bahwa grammar itu penting saat belajar bahasa Inggris. Memang penting tetapi ada baiknya Anda jangan terlalu memikirkan aturan grammar saat berbicara bahasa Inggris. Hal ini membuat ucapan dan cara berbicara Anda kurang natural dan terbata-bata. Jadi Anda harus pintar kapan memperhatikan aturan dalam grammar dalam berbahasa Inggris.
3. Jangan hanya fokus belajar bahasa Inggris text book
Sepertinya banyak orang yang sering kesulitan dalam memahami perkataan orang asing walaupun mereka sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun. Belajar dengan buku paket bahasa Inggris memang tidak salah karena kita akan memperoleh kecakapan membaca dengan baik. Tetapi kadang percakapan dalam buku paket tersebut tidaklah sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Orang asing atau Inggris asli kadang menggunakan bahasa yang berbeda dari buku dan dengan bahasa informal mereka. Karena itu, Anda harus lebih sering menonton acara-acara televisi yang berbau bahasa Inggris.
4. Belajar secara mendalam dan mendengarkan cerita pendek
Untuk belajar bahasa Inggris yang cepat dan efektif, Anda harus mempelajari kata-kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Inggris agar dapat tersimpan di memori dengan baik. Selanjutnya, Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan cerita pendek yang sama dengan tenses yang berbeda setiap sesi. Misalnya Anda mendengarkan cerita pendek dengan menggunakan Present Tense dan selanjutnya menggunakan tenses berbeda.
5. Melatih kemampuan berbicara
Jika Anda sudah belajar bahasa Inggris secara mendalam dan menyeluruh, maka Anda harus mempraktikkan kemampuan Anda dengan cara berbicara. Untuk melatih kemampuan bicara, Anda haruslah ikut dalam komunitas bahasa Inggris atau praktik langsung dengan orang asing atau bule agar kemampuan berbicara Anda akan lebih terasah.
Itulah beberapa cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif yang bisa Anda terapkan agar segera menguasai bahasa Inggris. Ada cara-cara lainnya, namun kelima cara tersebut merupakan cara termudah yang bisa Anda praktekan. Bila Anda memiliki metode atau cara lainnya bisa disampaikan di kolom komentar. Demikian, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Jika Anda suka tulisan ini, jangan lupa share ke Twitter atau Facebook ya.

0 komentar:

Posting Komentar